Sejarah

SEKILAS TENTANG YAYASAN NURUL ILMI DESA BELAWA
oleh : Rohmat Abu El’iza

 

    Yayasan Nurul Ilmi yang berada di Desa Belawa Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon, merupakan salah satu yayasan yang begerak di bidang Pendidikan Keagamaan, Keberadaannya sangat diharapkan oleh masyarakat Belawa dan sekitarnya, yayasan ini berdiri sejak tahun 1999 dengan jarak lebih kurang  7 km dari Kantor Kecamatan Lemahabang.
Yayasan Nurul Ilmi Memiliki letak  geogerafis yang sangat setrategis karena posisinya bersebelahan dengan Jl. Raya KH. Hasyim Asy’ari, yang merupakan jalur utama penghubung antara Kecamatan Lemahabang, Kecamatan Greged dan Kecamatan Sedong, dengan kondisi seperti  ini, diharapkan dapat membuka akses bagi para peserta didik dari luar Desa Belawa  dan sekitarnya.
         Adapun Letak Geogerafis Yayasan Nurul Ilmi adalah sebagai berikut :
1. Sebelah utara berbatasan dengan Jalan Raya KH. Hasyim Asy’ari dan Perumahan Penduduk.
2. Sebelah barat berbatasan dengan Perumahan warga.
3, sebelah Selatan Bebatasan dengan Perkebunan dan perumahan warga.
4. Sebelah Timur berbatasan dengan Masjid Jamie Baiturrahman Belawa, Bali desa Belawa dan Perumahan Penduduk.
     Yayasan Nurul Ilmi yang dipimpin oleh KH. Fathurrahman Membawahi beberapa Jenjang Pendidikan mulai dari Raudlatul Athfal (RA) Nurul Iman, Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Nurul Islam, Madrasah Tsanawiyah Nurul Ikhsan, Serta Mengelola Pondok Pesantren. Kesemuaannya itu Merupakan wujud Kepedulian Masyarakat Belawa yang dipercayakan kepada Yayasan Nurul Ilmi.
    Madrasah Tsanawiyah Nurul Ikhsan yang dipimpin Oleh Nano Sutarno SPdI merupakan salah satu Lembaga Pendidikan yang berada dibawah naungan Yayasan Nurul Ilmi, Berdiri sejak  tahun 2000, dan merupakan satu-satunya lembaga Pendidikan setingkat SLTP yang berbasiskan Keagamaan di desa Belawa. keberadaannya sangat di harapkan dapat memberikan pendidikan, bimbingan yang  bernuansa Keagamaan.
      Dalam perjalanannya selama 15 Tahun Terhitung sejak diresmikannya, MTs Nurul Ikhsan  ternyata mampu mengemban tugas dan amanah yayasan yaitu mentransformaasikan nilai-nilai keagamaan kepada para peserta didik, sampai saat ini (tahun 2015) MTs nurul Ikhsan Telah Meluluskan Kurang Lebih 750 Siswa, Yang sekarang tersebar di Berbagai Perguruan Tinggi dan SMU Di Jawa Barat.
     Harapan Kami kedepan, mudah-mudahan Yayasan Nurul Ilmi Terus Membenahi diri, Berkembang dan mampu menyesuaikan diri dengan kemajuan dan tehnologi, sehingga para peserta didik dapat beradaftasi dan menjawab tantangan masa depan yang semakin kompleks.